Langsung ke konten utama

Memilih Vendor Catering untuk Pernikahan

Memilih Catering untuk Pernikahan
Salah satu vendor yang paling besar biayanya adalah vendor catering. Vendor catering bisa menyedot biaya hampir separuh dari anggaran total pernikahan.

Memilih Catering Untuk Pernikahan

Pihak keluarga biasanya sangat peduli tentang vendor catering yang akan dipilih karena ini akan menyangkut nama baik keluarga. Agar kita tidak salah memilih vendor catering, berikut beberapa tips yang kami rangkum untuk memudahkan Anda.

1. Test Food

Test food memberikan kita kepastian terhadap rasa masakan. Akan lebih baik jika test food dilakukan langsung di gedung pernikahan yang dikelola oleh vendor wedding. Ini akan memudahkan kita untuk mengetahui langsung bagaimana penyajian makanan dilakukan. Kita dapat mengamati kesigapan waiter saat melayani tamu undangan, kita juga dapat melihat alat makan yang digunakan pihak catering, dan juga kita dapat melihat dekorasinya langsung. Kebijaksanaan test food tiap catering berbeda-beda. Ada yang mensyaratkan sudah harus DP untuk booking tanggal, ada pula yang gratis. Salah satu vendor catering kami, Resep Bunda Catering memberikan test food gratis tanpa kewajiban apapun. Kami sarankan Anda untuk mencobanya langsung.

2. Melihat Paket Catering

Paket catering dapat kita lihat melalui websitenya ataupun meminta langsung kepada Customer Service-nya. Paket catering itu akan bervariasi, tergantung jumlah menu buffet, menu dessert, dan menu stall. Semakin banyak item menu yang dikeluarkan, maka biayanya akan semakin mahal. Kitalah yang menentukan bagaimana kita hendak menyajikan makanan buat tamu undangan. Ada beberapa calon pengantin yang memilih paket yang hemat, ada pula yang memilih paket eksklusif untuk memuliakan tamu undangan. Paket catering yang kita pilih tentunya harus disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Jangan dipaksakan kalau memang belum mampu. Akan lebih baik pesta pernikahan dijalankan dengan khidmat ketimbang memaksakan diri secara berlebihan.

3. Mencari Tahu Proporsi Makanan

Proporsi makanan untuk tiap catering itu berbeda kebijakannya. Ada yang proporsinya 80% buffet – 50% dessert – 50% stall. Ada pula yang hanya 70% buffet – 70% dessert – 30% stall, ada pula yang 100% buffet – 50% dessert – 30% stall. Yang harus kita perhatikan adalah proporsi buffetnya. Jangan sampai terlampau kurang karena bisa jadi nanti tamu undangan tidak makan, apalagi tamu undangan yang datang terlambat di atas jam 1 siang. Kita harus bertanya atau mencari tahu secara online bagaimana kebijakan vendor catering terhadap proporsi ini. Seberapa jauh mereka berterus-terang terhadap kebijakan pengaturan makanan ini.

4. Bonus Makanan

Beberapa catering memberikan bonus spesial makanan untuk customernya. Contohnya adalah bonus untuk breakfast. Breakfast adalah salah satu yang vital karena ini dapat menghemat makanan buffet lo. Bayangkan Sob, saat setelah akad selesai tamu keluarga yang hadir tentunya lapar karena belum makan dari pagi. Tentu mereka ingin makan pagi hanya untuk mengganjal perut saja karena resepsi akan dibuka sekitar 1-2 jam lagi. Sayangkan kalau kemudian dipaksakan membuka buffet padahal nanti sekitar 1-2 jam lagi akan makan. Di sanalah pentingnya breakfast. Beberapa catering akan menyediakan bonus breakfast untuk keluarga. Tanyakan dulu proporsi breakfastnya.

Selain bonus breakfast, beberapa catering juga secara cuma-cuma memberikan bonus stall atau dessert tertentu. Tanyakan kepada Customer Service dari catering tentang bonus apa saja yang dapat kamu terima.

5. Dekorasi Catering

Catering biasanya akan membantu area dekorasi khusus makanan. Namun demikian, kita harus memastikan dekorasi apa saja yang akan diberikan oleh vendor catering. Seperti pada area buffet, apakah itu hanya terkait meja buffetnya saja atau juga termasuk pergola buffet. Demikian juga dengan area VIP, area dessert, dan juga area stall. Pastikan properti apa saja yang akan dibawa oleh catering. Semakin banyak properti dekorasi yang dibawa, maka akan semakin membantu dekorasi wedding secara keseluruhan. Jika pihak catering hanya akan memberikan dekorasi secara terbatas, nanti dikhawatirkan lokasi wedding akan terasa lowong. Sayang kan?

6. Pengalaman Mengelola Catering

Cari tahu pengalaman vendor catering dalam mengelola acara-acara pernikahan. Jika sudah cukup sering, maka itu artinya vendor catering telah cukup berpengalaman dalam mengelola catering. Untuk mencari tahu hal ini, kita juga dapat mengecek review dan testimonial dari customer-customer sebelumnya. Jika rata-rata puas dalam menggunakan vendor catering tersebut, maka hati kita pun akan lebih tenang. Pengalaman mengelola acara wedding itu penting karena catering wedding memiliki detail yang banyak yang membutuhkan persiapan yang matang. Tanpa pengalaman, persiapan acara tersebut mungkin akan kurang mulus kan?

7. Jumlah Team Yang Hadir Saat Acara

Salah satu yang menentukan keberhasilan vendor catering adalah jumlah orang yang hadir saat acara. Jumlah ini bervariasi tergantung jumlah porsi yang disediakan. Makin banyak porsinya tentunya makin banyak jumlah orang yang dibutuhkan. Saat acara pernikahan dilangsungkan, team catering yang turun memiliki tugas masing-masing seperti team waiter yang melayani tamu atau team cuci yang mencuci piring. Jika team yang diturunkan kurang, biasanya akan terlihat dari kebersihan saat acara wedding. Makin kurang orangnya, maka makin kotor pesta pernikahannya.

Inilah beberapa tips yang Sobat bisa terapkan saat memilih catering buat pernikahanmu nanti. Jangan asal pilih catering, pilihlah yang memang sudah terpercaya dan berpengalaman. Catering memang salah satu vendor paling vital yang menentukan keberhasil acara pernikahan.

Postingan populer dari blog ini

Spinach Wedding Organizer | WO Thematic di Bandung

Untuk memenuhi kebutuhan acara pernikahan exclusive dengan KONSEP THEMATIC; Spinach Enterprise Wedding Organizer di Bandung menyediakan beberapa konsep atau thema pernikahan yang dikemasi secara exclusive menyesuaikan kebutuhan dan permintaan client. Dengan pengalaman menangani berbagai event thematic untuk acara - acara khusus lainnya, Tim Kreatif Spinach Enterprise menawarkan beberapa kemasan Paket Wedding Thematic berikut jasa WO - Wedding Organizer untuk pernikahan di Bandung dan sekitarnya. Beberapa konsep thema pilihan : Traditional Ethnic Sunda Traditional Ethnic Bali Traditional Ethnic Jawa Jungle Party Country Cowboy Hawaian Style Japannese Oldies Style Garden Party Kampung Delight Pesta Rakyat Exotic White Special Thematic sesuai permintaan Untuk konsep EO Wedding / WO - Wedding Organizer Thematic di Bandung ini, Spinach Enterprise akan membantu memberikan jasa konsultasi dampai dengan pelaksanaan resepsi termasuk pengadaan : Penyewaan Gedung . Lo

Green Forest Lembang, Tempat Pernikahan Exclusive di Bandung

Lembang Bandung memiliki banyak pilihan untuk acara wedding / resepsi pernikahan Anda. Spinach Enterprise sebagai salah satu WO di Bandung akan meberikan pelayanan jasa event organizer pernikahan anda sesuai thema / konsep yang dipilih.

Ide Menentukan Dekorasi Pernikahan Anda

Menikah dengan orang yang dicintai adalah dambaan setiap orang yang ada di dunia ini. Menemukan seseorang yang bisa mengerti dirinya dan bisa menjalani hidup selamanya dengan orang yang dicintai. Menikah memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan setiap orang, butuh kesiapan mental dan biaya yang sesuai. Pernikahan diharapkan menjadi suatu acara sekali seumur hidup. Maka dari itu banyak orang yang rela mempersiapkan dengan matang dan sungguh-sungguh mengenai pernikahannya. Mulai dari acara resepsi, mas kawin, undangan, acara akad nikah, seserahan, sekaligus dekorasi resepsi pernikahan. Saking banyaknya segala sesuatu yang perlu disiapkan, pasangan terkadang bingung memilih mana yang terbaik. Menentukan pilihan akan mengambil desain atau konsep sederhana atau konsep yang mahal dan mewah. Semua itu kembali kepada masing-masing pasangan, mereka berhak menentukan pilihan mereka sendiri. Nah, buat kamu yang segera atau ingin menikahi kekasihmu dan masih bingung memilih dekorasi