Langsung ke konten utama

7 Tips Saat Memilih Venue Pernikahan

7 Tips Memilih Venue Pernikahan
Pernikahan merupakan salah satu momen sakral yang mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Untuk itu, momen ini harus dipersiapkan sebaik mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Namun untuk itu banyak sekali persiapan yang harus kamu dan pasangan siapkan yang tentunya akan memakan banyak biaya dan juga waktu. Persiapan tersebut mulai dari tempat pernikahan, gaun, undangan, catering, dekorasi, dan masih banyak lagi. Disini kami akan membahas mengenai memilih venue pernikahan yang tepat.

7 Tips Memilih Venue Pernikahan

Dalam merencanakan pernikahan salah satu hal utama yang harus dilakukan adalah memilih venue. Tempat pernikahan menjadi penentu keberhasilan suatu acara karena mempengaruhi hal-hal lain disekitarnya. Mencari venue pernikahan yang sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan merupakan tugas yang gampang-gampang susah, karena jika sampai salah memilih venue, konsep pernikahan yang kamu dan pasangan impikan selama ini pastinya akan sulit terwujud. Oleh karena itu, cobalah memperthatikan langkah-langkah berikut ini dalam menentukan tempat pernikahan kamu dan pasangan.
baca juga 3 Konsep Venue untuk Tempat Pernikahan

1. Tentukan konsep dan budget

Konsep pernikahan merupakan salah satu hal penting ketika kamu dan pasangan ingin menentukan lokasi pernikahan. Konsep menjadi sangat berpengaruh terhadap lokasi atau tempat karena harus disesuaikan dengan temanya. Jika konsep dan lokasi berbeda tema tentu saja hasil akhir dari acara pernikahan tersebut menjadi berantakan. Untuk itu kamu dan pasangan harus berdiskusi mengenai konsep dan lokasi secara jelas agar tidak ada kesalahan dalam pemilihannya.

Setelah menyesuaikan dengan konsep pernikahan ada hal lain yang musti kamu perhatikan yaitu masalah dengan budget pernikahan. Untuk itu kamu dan pasangan harus mempertimbangkan dengan baik untuk urusan biaya, jangan sampai kamu dan pasangan harus mengeluarkan terlalu banyak biaya hanya untuk venue pernikahan. Tentunya hal ini tidak selayaknya kamu lakukan karena masih banyak keperluan lain untuk perniukahan yang tentunya memerlukan biaya yang tida sedikit. Untuk itu, menentukan budget untuk tempat pernikahan merupakan hal yang penting dilakukan.

2. Menyesuaikan kapasitas dengan jumlah undangan

Kapasitas Adalah hal yang utama, karena kamu harus menyesuaikan tempat yang kamu pilih dengan jumlah tamu yang akan kamu undang. Nggak mau kan kalau venue yang kamu pilih jadi sempit dan sesak karena kapasitasnya tidak sebanding dengan jumlah tamu undangan?

Tempat yang terlalu kecil dibandingan jumlah tamu dapat membuat para tamu tidak nyaman saat menghadiri pesta pernikahanmu. Tapi jangan memilih tempat yang terlalu besar juga, karena akan membuat pesta pernikahanmu terlihat sepi. Perhitungkan kapasitas tempat dan tamu undangan dengan tepat agar pestamu berjalan lancar.

3. Lokasi yang terjangkau

Sebelum menentukan tempat pernikahan ada baiknya kamu dan pasangan mempertimbangkan masalah lokasi. Jangan terburu-buru memutuskan tempat untuk mengadakan acara pernikahan ya, ledies. Menggelar pernikahan berarti kamu dan pasangan juga inin membagi kebahagian dengan kerabat atau tamu undangan.

Usahakan memilih venue yang lokasinya terjangkau. Pastikan para tamu undangan memiliki akses yang mudah ke tempat acara agar bisa datang tepat waktu dan menyaksikan seluru prosesi pernikahan kamu dan pasangan dengan hikmat.

4. Fasilitas

Sebelum kamu dan pasangan memesan salah satu venue, ada baiknya terlebih dahulu datang dan melihat lagi venue yang diinginkan. Cobalah menanyakan fasilitas apa saja yang disediakan dan tanyakan setiap detai yang perlu kamu dan pasangan ketahui. Seperti apakah tanggal yang kamu inginkan belum ada yang mem-booking?

Atau apakah ada biaya lain? Serta jangan lupakan untun menanyakan mengenai back-up plan. Misalnya jika listrik padam, apakah tersedia ganset? Sementara jika konsep outdoor, tanyakan apakan ada tempat yang bisa digunakan kettika hujan turun. Selain itu cobalah menanyakan apakah tersedia lahan parkir yang luas? Hal ini dilakukan untuk kenyamanan kamu dan tamu undangan yang nantinya akan hadir.

5. Vendor Rekanan

Beberapa venue memiliki kerjasama dengan beberapa vendor rekanan, baik itu catering, dekorasi, hingga fotografi dan lainnya. Venue yang memiliki vendor rekanan biasanya mengharuskan kamu dan pasangan untuk menggunakan jasa vendor rekanan tersebut bila ingin menggelar pernikahan di sana. Pelajari dengan teliti para vendor yang menjadi rekanan venue tersebut. Pastikan mereka memiliki rekam jejak yang baik.

Namun bila kamu dan pasangan sudah memiliki pilihan sendiri dan ingin menggunakan jasa vendor tersebut, tanyakan apakah ada konsekuensinya? Biasanya ada biaya yang harus dibayarkan. Apabila tidak memungkinkan untuk tetap menggunakan jasa vendor pilihan kamu, maka sebaiknya beralih ke venue lain yang tidak memiliki kerjasama dengan rekanan, atau justru rekanan dari vendor tersebut.

6. Lakukan pemesanan

Bila kamu dandan pasangan sudan menemukan venu pemesanan yang tepat, ada baiknya segera melakukan pemesanan agar tanggal yang kamu inginkan tidak diisi terlebih dahulu oleh orang lain. Menurut keterangan dari beberapa pengurus venue, kebanyakan calon pengantin memesan sekitar 12 bulan sebelum acara pernikahan.

Maka jika kamu terlalu lama mengulur waktu pemesanan, bukan tidak mungkin tanggal yang diinginkan ternyata sudaj diisi oleh calon pengantin lain. Kalau sampai itu terjadi maka kamu dan pasangan harus bersusah payah kembali mencari venue lain yang sesuai atau bahkan tidak menenmukan venue yang sesuai. Selain itu keuntungan memesan tempat pernikahan jauh-jauh hari sebelum hari H, membuat harga cenderung lebih murah.

7. Melakukan technical meeting di venue

Setiap calon pengantin pastinya akan menggelar technical meeting sebelum pernikahan dilakuan. Terchnical meeting biasanya dilakukan di venue, sebelum menggelar pernikahan. Tujuan dari hal tersebut adalah agar para vendor dapat mempelajari venue tersebut sebelim hari H dilakukan.

Selain itu kamu dan pasangan juga harus memperhatikan bahwa semua berjanan aman dan sempurna sesuai dengan rencana yang ada.


Postingan populer dari blog ini

Spinach Wedding Organizer | WO Thematic di Bandung

Untuk memenuhi kebutuhan acara pernikahan exclusive dengan KONSEP THEMATIC; Spinach Enterprise Wedding Organizer di Bandung menyediakan beberapa konsep atau thema pernikahan yang dikemasi secara exclusive menyesuaikan kebutuhan dan permintaan client. Dengan pengalaman menangani berbagai event thematic untuk acara - acara khusus lainnya, Tim Kreatif Spinach Enterprise menawarkan beberapa kemasan Paket Wedding Thematic berikut jasa WO - Wedding Organizer untuk pernikahan di Bandung dan sekitarnya. Beberapa konsep thema pilihan : Traditional Ethnic Sunda Traditional Ethnic Bali Traditional Ethnic Jawa Jungle Party Country Cowboy Hawaian Style Japannese Oldies Style Garden Party Kampung Delight Pesta Rakyat Exotic White Special Thematic sesuai permintaan Untuk konsep EO Wedding / WO - Wedding Organizer Thematic di Bandung ini, Spinach Enterprise akan membantu memberikan jasa konsultasi dampai dengan pelaksanaan resepsi termasuk pengadaan : Penyewaan Gedung . Lo

Green Forest Lembang, Tempat Pernikahan Exclusive di Bandung

Lembang Bandung memiliki banyak pilihan untuk acara wedding / resepsi pernikahan Anda. Spinach Enterprise sebagai salah satu WO di Bandung akan meberikan pelayanan jasa event organizer pernikahan anda sesuai thema / konsep yang dipilih.

Ide Menentukan Dekorasi Pernikahan Anda

Menikah dengan orang yang dicintai adalah dambaan setiap orang yang ada di dunia ini. Menemukan seseorang yang bisa mengerti dirinya dan bisa menjalani hidup selamanya dengan orang yang dicintai. Menikah memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan setiap orang, butuh kesiapan mental dan biaya yang sesuai. Pernikahan diharapkan menjadi suatu acara sekali seumur hidup. Maka dari itu banyak orang yang rela mempersiapkan dengan matang dan sungguh-sungguh mengenai pernikahannya. Mulai dari acara resepsi, mas kawin, undangan, acara akad nikah, seserahan, sekaligus dekorasi resepsi pernikahan. Saking banyaknya segala sesuatu yang perlu disiapkan, pasangan terkadang bingung memilih mana yang terbaik. Menentukan pilihan akan mengambil desain atau konsep sederhana atau konsep yang mahal dan mewah. Semua itu kembali kepada masing-masing pasangan, mereka berhak menentukan pilihan mereka sendiri. Nah, buat kamu yang segera atau ingin menikahi kekasihmu dan masih bingung memilih dekorasi